Minggu, 11 Desember 2016

Age-related macular degeneration (AMD) 1



            Age-related macular degeneration (AMD) adalah kerusakan makula mata. Makula adalah daerah kecil di retina yang merupakan jaringan peka cahaya yang melapisi bagian belakang mata. Makula adalah bagian dari retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral anda, yang memungkinkan anda untuk melihat secara detail.
            Makula merupakan hanya sebagian kecil dari retina, namun jauh lebih sensitif terhadap detail penglihatan dibandingkan daripada bagian retina lainnya (disebut retina perifer). Makula yang memungkinkan anda untuk meihat ketika anda memasukkan benang ke lubang jarum, membaca cetakan kecil, dan membaca tanda-tanda jalan. Retina perifer memberikan penglihatan perifer. Jika seseorang berdiri pada satu sisi penglihatan anda, retina perifer akan memberitahu anda bahwa ada orang disana dengan memberikan penglihatan mengenai bentuk keseluruhan orang tersebut.
            Banyak orang tua mengembangkan degenerasi makula sebagai bagian dari proses penuaan alami tubuh. Ada berbagai jenis masalah makula, tetapi yang paling umum adalah yang berkaitan dengan usia degenerasi makula.
            Dengan degenerasi makula, Anda mungkin memiliki gejala seperti kabur, adanya daerah yang gelap atau distorsi dalam penglihatan sentral anda, dan kehilangan mungkin permanen penglihatan sentral anda. Biasanya tidak mempengaruhi penglihatan perifer. Misalnya, dengan degenerasi makula, anda bisa melihat garis jam, namun mungkin tidak dapat melihat jarum jam untuk memberitahu waktu saat itu.
Penyebab degenerasi makula termasuk pembentukan deposit yang disebut drusen dibawah retina, dan dalam beberapa kasus, pertumbuhan pembuluh darah abnormal di bawah retina. Dengan atau tanpa pengobatan, degenerasi makula sendiri hampir tidak pernah menyebabkan kebutaan total. Orang dengan kasus yang lebih maju dari degenerasi makula terus memiliki penglihatan yang berguna menggunakan sisi mereka, atau penglihatan tepi. Dalam banyak kasus, dampak degenerasi makula pada visi anda bisa menjadi minimal.
            Degenerasi makula yang menyebabkan kehilangan penglihatan, biasanya dimulai hanya pada satu mata, meskipun dapat mempengaruhi mata lainnya nanti. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki degenerasi makula sampai mereka memiliki masalah penglihatan yang nyata atau terdeteksi saat pemeriksaan mata.
Jenis degenerasi makula: degenerasi makula kering dan degenerasi makula basah
Ada dua jenis degenerasi makula:
Degenerasi makula kering, atau atrofi, (juga disebut non-neovascular macular degeneration) dengan drusen
            Kebanyakan orang yang memiliki degenerasi makula memiliki bentuk degeneraasi makula kering. Kondisi ini disebabkan oleh penuaan dan penipisan jaringan makula. degenerasi makula biasanya dimulai dengan adanya protein lemak potongan-potongan kecil kuning atau putih yang disebut bentuk drusen dibawah retina. Akhirnya, makula dapat menjadi lebih tipis dan tidak berfungsi.
            Pada degenerasi makula kering, kehilangan penglihatan biasanya bertahap. Pada orang yang mengalami degenerasi makula kering harus berhati-hati dan terus-menerus memonitor penglihatan sentral mereka. Jika anda melihat adanya perubahan dalam pengihatan anda, anda harus memberitahu dokter mata anda segera, karena degenaerasi makula bentuk kering dapat berubah bentuk menjadi degenerasi makula yang lebih merusak yang disebut degenerasi makula basah (eksudatif). Meskipun tidak ada obat atau pengobatan untuk degenerasi makula kering, beberapa orang menggunakan vitamin sebagai terapi untuk degenerasi makula kering.
·         Menggunakan Amsler grid untuk menguji degenerasi makula
            Dengan Amsler grid anda dapat mendiagnosa degenerasi makula kering, anda harus menggunakan chart yang disebut Amsler grid setiap hari untuk memonitor penglihatan anda, karena degenerasi makula kering dapat berubah menjadi bentuk basah yang lebih merusak.
            Untuk menggunakan Amsler grid, pakailah kacamata baca Anda dan tempatkan grid 12 sampai 15 inci dari wajah Anda dengan pencahayaan yang baik.

  • ·         Tutup satu mata.
  • ·         Melihat langsung di titik pusat dengan mata yang tidak ditutup dan menjaga mata anda terfokus pada.
  • ·         Sambil melihat langsung di titik pusat tersebut, perhatikan apakah semua garis pada grid lurus atau ada daerah yang terdistorsi, kabur atau gelap.
  • ·         Ulangi prosedur ini dengan mata lainnya.
  • ·         Jika ada area dengan garis terlihat bergelombang, kabur atau gelap, hubungi dokter mata anda.
  • ·         Jika anda mendeteksi perubahan ketika melihat garis, anda harus memberitahu dokter mata anda segera.

Degenerasi makula Basah, atau eksudatif, (juga disebut neovascular degenerasi makula)
            Meskipun hanya Sekitar 10 persen orang yang mengalami degenerasi makula memiliki bentuk basah, tetapi degenerasi makula tipe basah dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan penglihatan sentral anda daripada bentuk kering.
degenerasi makula basah terjadi ketika pembuluh darah abnormal mulai tumbuh di bawah retina. pertumbuhan pembuluh darah ini disebut koroid neovaskularisasi (CNV) karena pembuluh darah ini tumbuh dari lapisan bawah retina yang disebut koroid. Pembuluh darah baru ini dapat bocor mengeluarkan cairan atau darah,yang menyebabkan kabur atau distorsi penglihatan sentral. Hilangnya penglihatan pada degenerasi makula basah bisa lebih cepat dan lebih terlihat daripada degenerasi makula kering.
            Semakin lama pembuluh normal bocor atau tumbuh, semakin besar risiko anda untuk mengalami kehilangan penglihatan detail. Jika pertumbuhan pembuluh darah abnormal terjadi pada satu mata, maka ada risiko bahwa hal itu akan terjadi pada mata lainnya. Semakin cepat degenerasi makula basah terdiagnosa dan diobati, maka semakin baik kesempatan Anda untuk mempertahankan penglihatan sentral anda. Itulah mengapa sangat penting bahwa anda dan dokter mata anda memantau penglihatan kedua mata anda dengan teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar